Makanan Penderita Kolesterol

penurun kolesterol

Halo bunda, saat ini kita akan membahas mengenai makanan penderita kolesterol. Apakah bunda sudah mengetahuinya? Bahwa pengidap kolesterol sangat harus untuk memilah milah makanan. Bukan tanpa alasan, tapi karna pegidap kolesterol memiliki berbagai kerentaan untuk makan beberapa makanan. Terlebih jika si pengidap koleserol ini sudah beresiko tinggi dalam jumlah kandungan gula yang dimiliki. Makanan Penderita Kolesterol. Makanan Penderita Kolesterol.

Yuk bun, terlebih dahulu mari kita bahas apa itu kolesterol. Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya.

Lalu, apa saja yang harus dimakan oleh penderita kolesterol?

Inilah 12 (duabelas) buah-buahan yang memiliki khasiat menurunkan kolesterol  tinggi dalam tubuh. Makanan Penderita Kolesterol.

  1. Jeruk Nipis.Jeruk mengandung zat flavonoid, yang merupakan senyawa yang mampu menghambat produksi LDL. Flavonoid terdapat juga di teh, brokoli, tomat, bawang berlapis serta buah delima.
  2. Jambu Biji/jambu merah. Jambu biji kaya akan likopenyang berperanan dalam mengendalikan produksi kolesterol. Buah-buahan lain yang berfungsi sama adalah semangka merah, tomat merah, dan jambu biji merah.
  3. Delima mengandung zat untuk menurunkan kolesterol darah, dan menghilangkan plak dalam aliran darah. Buah delima meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi plak dalam pembuluh darah.
  4. Mangga. Mangga banyak memiliki Vitamin C yang dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi yang membuat terjadinya plak(penimbunan) kolesterol dalam tubuh.
  5. Buah Blueberry. Jenis buah-bahan yang masuk dalam kategori berrymengandung pterostilbene yang memiliki fungsi antioksidan dalam tubuh.
  6. Buah Anggur.Anggur ini memiliki senyawa flavonoid yang berguna untuk penurunan kolestrol, mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas. Buah ini mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol.
  7. Alpukat sumber lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang membantu meningkatkan kadar kolesterol (HDL) dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Alpukat mengandung beta-sitosterol sejenis lemak nabati yang mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Alpukat bisa dibuat untuk  juice karena selain banyak terdapat lemak baik seperti asam oleat, lemak tak jenuh, serta serat buah yang akan meningkatkan kolesterol baik.
  8. Buah Zaitun. Kandungan zat anti oksidan (zat hydroxytyrosol)dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah namun tidak mengurangi tingkat kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Buah ini akan berefek positif terhadap kesehatan jantung karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang akan menaikkan kadar kolesterol baik. Kita bisa mengonsumsi setidaknya campuran 2 (dua) sendok minyak zaitun dan buah zaitun yang dicampurkan pada salad untuk menaikkan kolesterol baik dalam tubuh.
  9. Jeruk Lemon.Jeruk lemon banyak mengandung Vitamin C dan memiliki senyawa untuk mengurangi produksi apo-B yaitu sejenis zat yang memicu bertambahnya kolesterol dalam darah. Juga terdapat antioksidan yang berkontribusi mengurangi oksidan LDL.
  10. Tomat adalah sumber likopen yang akan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Tomat bisa dimakan segar, dibuat juice, atau dimakan dalam bentuk sup. Tomat juga makanan untuk penderita maag kronis yang sangat membantu.

Beberapa buah diatas merupakan buah yang mudah untuk ditemui di berbagai tempat yah bun. Jadi, sepertinya ini bukan masalah serius lagi buat bunda. Kalau misal bunda mau mencoba beberapa produk lain, juga sangat di ijinkan sekali loh bun. Yuk, kita pelajari produk OFIR. Apa itu ofir?

Banyak orang yang meragukan keamanan dari produk Ofir sebagai suplemen penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Perlu diketahui produk ini 100% aman dan tidak menyebabkan permasalahan kesehatan lainnya dalam jangka panjang asalkan dikonsumsi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dilain sisi, produk penurun kolesterol ini juga dibuat dari bahan herbal, sehingga bundapun tidak perlu meragukan kualitas dari bahan tersebut yang sering kali diklaim memiliki bahan kimia di dalamnya.

Untuk itu, bagi bunda yang saat ini mengeluhkan permasalahan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh yang menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, akan lebih baik jika kini bunda mulai mengkonsumsi penurun kolesterol.

Dengan membawanya kemanapun bunda pergi, tentunya bunda akan bisa mengkonsumsinya setelah makan makanan yang mengandung bahan lemak seperti halnya soto, gulai dan makanan bersantan lainnya. Jadi, masihkah bunda takut mengkonsumsi makanan berlemak? Jangan takut lagi, kan sekarang ada Ofir.

Yuk bunda, sediain OFIR dimanapun berada. Sudahkah bunda dan keluarga mengkonsumsi OFIR hari ini?

Nah, itu tadi beberapa makanan penderita kolesterol. Yuk bun, kita tingkatkan pola hidp sehat supaya kita dan keluarga selalu terhindar dari bahaya kolesterol. Salam sehat untuk bunda dan keluarga dimanapun berada!